Artikel

Forum Konsultasi Publik (FKP) Pendataan Awal Regsosek di Desa Mendiro

16 Mei 2023 22:02:35  Administrator  68 Kali Dibaca  Berita Desa

Mendiro (16/05/2023) Telah dilaksanakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Pendataan Awal Regsosek yang bertempat di Aula Kantor Desa Mendiro.

Pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) telah melakukan Pendataan Awal Regsosek 2022. Kegiatan ini dilakukan karena masih terbatasnya data sosial ekonomi yang mencakup seluruh penduduk untuk menentukan target program pembangunan, serta belum terlaksananya kontrol kualitas data dan ketepatan waktu pemutakhiran data tersebut. Data awal Regsosek dijadikan acuan pemerintah untuk menyusun dan melaksanakan program terkait sosial ekonomi.

Kegiatan Pendataan Awal Regsosek telah dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober s.d 14 November 2022 terhadap seluruh keluarga di Indonesia.

Kegiatan Regsosek terbagi 3 bagian:

  1. Verifikasi keluarga
  2. Pendataan keluarga
  3. FKP yang saat ini dilaksanakan

Dalam kegiatan FKP tersebut, dijelaskan bahwa data yang dihimpun oleh petugas PPL pada periode pendataan lapangan telah disaring dengan sangat ketat melalui sistem yang dibuat oleh BPS, kemudian muncul data yang digunakan untuk acuan selanjutnya untuk diverifikasi ulang Tingkat kesejahteraan masyarakat yang telah terbagi menjadi empat kategori, yaitu :

  1. Sangat Miskin
  2. Miskin
  3. Rentan Miskin
  4. Tidak Miskin

Kemudian dapat dirubah jika memang diperlukan dan tidak sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya dengan alasan perubahan Status Kesejahteraan :

  1. Kepemilikan Asset
  2. Kondisi Rumah
  3. Kondisi Keluarga
  4. Pekerjaan
  5. Kondisi Ekonomi

Adapun Forum Konsultasi Publik Pendataan Awal Regsosek adalah mendata terkait dengan warga miskin yang berada di wilayah Desa Mendiro. Untuk hari ini Selasa 16 Mei 2023 pendataan di laksanakan untuk wilayah Dusun Mendiro (RW 1) yang terbagi menjadi 4 RT, Dusun Karangnongko (RW 2) 1 RT, dan Dusun Tawang (RW 3) 4 RT. Selanjutnya untuk Wilayah Dusun Sidomulyo (RW 4) 4 RT, Dusun Gondang (RW 5) 2 RT, dan Dusun Sarirejo (RW 6) 4 RT akan dilaksanakan pada hari Rabu 17 Mei 2023.

Hadir dalam kegiatan Forum Konsultasi Publik Pendataan Awal Regsosek adalah : Kepala Desa Mendiro, Perangkat Desa Mendiro, Babinsa, Babinkamtibmas, Petugas dari BPS, Tokoh Masyarakat dan Ketua RT.

Output yang diharapkan adalah kesepakatan ketua/pengurus SLS/tokoh masyarakat mengenai tingkat kesejahteraan keluarga di masing-masing daerahnya.

Selama kegiatan berlangsung berjalan dengan tertib dan aman.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

http://mendiro-ngawi.desa.id/index.php/gis

 Aparatur Desa

Back Next